-->

Kata Mutiara

1. Hiduplah dengan Damai
"Orang yang paling dibenci oleh Allah adalah yang suka bertengkar.Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim"

Bermasalah dengan orang memang terkadang tak bisa dihindari. Hal tersebut mungkin terjadi lantaran kesalahpahaman.
Alangkah baiknya, selesaikan masalah tersebut dengan cara yang damai. Jangan diselesaikan dengan pertengkaran yang bisa memicu kekerasan. Ingatlah kata-kata bijak kehidupan di atas ini, bahwa pertengkaran adalah salah satu hal yang dibenci oleh Allah.
2. Mengejar Ilmu
"Bukanlah ilmu yang seharusnya mendatangimu, tetapi kamulah yang harus mendatangi ilmu itu. Imam Malik"

Sampai kapanpun, yang namanya ilmu tak akan pernah mendatangimu. Jika ingin mendapatkannya, kamu harus menjemputnya, bukan menunggu. Karena menuggunya adalah bagai menegakkan benang basah, sia-sia.
Jika ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi kehidupan, setidaknya kamu harus berilmu. Tapi, janganlah cepat puas sehingga kamu menjadi sombong. Kalau dirasa ilmumu berguna bagi orang lain, kamu wajib untuk membaginya.
3. Tak Selamanya Hidup itu Sulit
"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Surat Asy Syarh ayat 5-6"

Saat menemui hambatan, ingatlah selalu kata-kata mutiara di atas ini. Ayat dalam Alquran ini mengajakmu untuk jangan mudah menyerah karena di balik kesulitan sesungguhnya ada kemudahan.
Teguhkanlah pendirianmu, kerahkan segala daya dan upaya yang kamu miliki untuk menjalaninya. Jika kamu menyerah, maka hidupmu tidak akan pernah ada kemajuan.
4. Cara Membalas Kejahatan
"Dan balaslah kejahatan itu dengan kebaikan. Surat Ar Ra’d ayat 22"

Jika ingin membalas dendam kepada orang yang berbuat jahat padamu, balaslah dengan kebaikan seperti yang telah tertulis di kata-kata bijak kehidupan di atas ini. Membalasnya dengan kejahatan hanya akan membuat masalah tak akan ada ujungnya.
Karena orang tersebut juga bisa membalasnya lagi, kamu pun mengulangi untuk membalasnya juga. Kalau dibalasnya dengan kebaikan, artinya kamu sudah ikhlas dan orang yang berlaku jahat padamu pun mungkin tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.
5. Jangan Lupa untuk Selalu Bersyukur
"Kita semua diberkahi oleh Allah lewat berbagai cara. Ingatlah selalu hal ini dan bersyukurlah.Anonim"

Jika kamu masih hidup hingga detik ini tanpa kekurangan suatu apapun, jangan lupa untuk bersyukur kepada-Nya. Allah telah memberimu keberkahan yang tidak terhitung jumlahnya.
Kalau kamu mulai kurang bersyukur, ingatlah selalu kata-kata mutiara di atas ini. Bersyukur akan membuatmu merasa bahagia dan tak pernah merasa kekurangan.
6. Mengajarkan Hal yang Benar
"Agama tidak melarang sesuatu perbuatan kalau perbuatan itu tidak merusak jiwa. Agama tidak menyuruh kalau suruhan tidak membawa selamat dan bahagia jiwa. Buya Hamka"

Kata-kata bijak kehidupan Islam ini menyadarkan kita bahwa agama hanya mengajarkan hal yang baik untuk kita. Agama merupakan tuntunan dalam menjalani kehidupan.
Manusia memang tak luput dari kesalahan dan dosa. Namun, dengan menjalankan perintah agama, kita bisa mengontrol diri sendiri untuk tidak melakukan kesalahan yang merugikan.
7. Keimanan Berpengaruh pada Nikmat Sabar
"Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan. Abdullah Gymnastiar"

Kadar keimanan setiap orang memang berbeda beda. Ketika mengalami kesulitan, kita dituntut untuk bisa sama menghadapinya.
Bagi manusia yang tergolong beriman, mereka akan menemukan nikmat dari rasa sabar yang dimilikinya. Kata-kata bijak kehidupan ini bisa menjadi pengingat agar bisa selalu taat pada perintah-Nya.
8. Hiduplah seperti Pohon yang Berbuah
"Hiduplah kamu bersama manusia sebagaimana pohon yang berbuah, mereka melemparinya dengan batu, tetapi ia membalasnya dengan buah. Abu Hamid Al Ghazali"

Kata-kata mutiara ini mengajarkan kita untuk selalu rendah hati dan sabar. Meskipun terkadang ada orang yang entah sengaja atau tidak melukai hati kita, jangan pernah berpikiran untuk membalasnya dengan kejahatan juga.
Balaslah perlakukannya dengan kebaikan. Karena jika kita dendam, masalah tersebut tak akan pernah selesai dan kita hanya akan selalu memiliki prasangkan buruk saja.
9. Hal yang Dilihat Allah
"Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian. Nabi Muhammad SAW"

Kutipan ini bisa kamu jadikan kata-kata bijak kehidupan yang bisa mengingatkanmu untuk selalu berbuat baik dan menjalankan apa yang telah diperintahkan oleh agama.
Segala bentuk materi tidak ada artinya jika hati dan amalmu tidak baik. Karena yang dilihat Allah hanyalah perlakuan dan amal yang kamu lakukan selama hidup.
10. Ungkapan Syukur Untuk Allah
"Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam kata, kusimpan kasih-Mu dalam dada. Jalaludin Rumi"

Kata-kata mutiara kehidupan islami merupakan ekspresi atau ungkapan syukur kepada Allah yang telah memberikan banyak kenikmatan dalam hidup kita.
Karena saking banyaknya hal baik yang kita dapatkan, terkadang kita tak bisa mengungkapkannya dalam kata-kata dan hanya bisa menyimpan rasa syukur kita dalam dada.
Kutipan Mana yang Paling Menginspirasimu?
Itulah tadi kumpulan kata-kata bijak kehidupan dan kata-kata mutiara yang mungkin bisa membuat hidupmu menjadi lebih baik setelah membacanya.
Dari sederet kata-kata mutiara di atas, adakah yang paling membuatmu tersentuh atau malah terinspirasi? Namun, jangan hanya terpaku pada kata-kata saja jika ingin hidup lebih baik, imbangilah dengan berusaha dan berjuang keras.
Dengan begitu, hidupmu akan lebih berwarna dan jadi jauh lebih bermakna. Jangan lupa juga untuk tetap rendah hati dan berlakulah baik kepada siapapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel